Bisnis  

Cara Melamar Kerja Via Online

Cara Melamar Kerja Via Online – Di era yang serba digital ini, lamaran tidak lagi dikirim secara offline, melainkan online melalui email atau dengan mengakses langsung website perusahaan. Meskipun teknologi telah mempermudah, namun satu hal penting yang sering diabaikan oleh para pencari kerja adalah cara melamar pekerjaan melalui email dengan etika yang baik dan benar. Menulis email profesional tidak sama dengan menulis email pribadi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesopanan dan etika saat menulis email lamaran kerja.

Nah, agar email lamaran yang kamu kirim bisa diterima dan dianalisis oleh bagian HR perusahaan, simak cara melamar lowongan lewat email dengan benar yang sudah berhasil dirangkum di bawah ini!

Cara Melamar Kerja Via Online

Cara Melamar Kerja Via Online

Sebelum mengirim email ajakan perusahaan, cara yang harus Anda perhatikan adalah menggunakan alamat email dengan nama resmi yang menunjukkan bahwa Anda adalah seorang profesional. Jangan biarkan dia menggunakan alamat email yang tampak konyol dan tidak profesional, misalnya: [email protected].

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email (5 Step) Untuk Memikat Hrd

Subjek email adalah bagian yang pertama kali dilihat oleh penerima email. Harap cetak dengan jelas nama Anda dan posisi yang ingin Anda lamar agar HRD dapat dengan mudah menyortir email yang masuk. Jangan biarkan email lamaran Anda lolos dari HRD hanya karena Anda tidak mengisi baris subjek email dengan jelas!

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan pencari kerja adalah mengosongkan isi email dan hanya mengirimkan attachment tanpa informasi apapun. Selain tidak sopan, hal itu juga akan membuat Anda terlihat tidak profesional. Sebaiknya isi badan email dengan surat pengantar yang pendek agar tidak perlu memasukkannya kembali ke dalam lampiran. Surat pengantar bisa menjadi pengantar singkat yang menjelaskan siapa Anda kepada DDH.

Cara selanjutnya untuk mengirim email lamaran kerja adalah dengan menuliskan tujuan Anda untuk mengirim email ke perekrut. Setelah memperkenalkan diri, jelaskan secara singkat, padat dan jelas apa pengalaman Anda dan apa tujuan Anda mengirimkan email tersebut.

Setelah menuliskan tujuan pengiriman email tersebut, Anda bisa langsung mencantumkan lamaran pekerjaan dan posisi spesifik yang Anda inginkan. Pastikan untuk menjelaskan secara singkat kualifikasi dan kontribusi Anda pada posisi yang Anda lamar. Isi informasi tentang file yang Anda sertakan dalam lampiran, dan jangan lupa untuk menambahkan paragraf kesopanan terakhir.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Pt Yang Dilirik Hrd

Ini adalah kesalahan kecil tapi fatal yang sering dilakukan oleh para pencari kerja. Sebelum memasukan file pada bagian attachment, pastikan untuk menamai file Anda dengan judul yang tepat dan sesuai, contoh: “CV Nadya Hafida – Content Writer”. Jangan asal upload dan lupa mengganti nama filenya sehingga nama filenya tetap berjudul “doc1.pdf”. Cara ini harus diperhatikan secara detail saat melamar pekerjaan, agar tidak salah kaprah dan memberikan kesan buruk bagi para perekrut.

Hal penting lainnya yang sering diabaikan oleh pencari kerja adalah kapan harus mengirim email. Jangan izinkan dia mengirim email pada waktu yang dianggap tidak sopan, misalnya tengah malam. Bukannya langsung diproses, email yang terkirim malah bisa masuk daftar hitam. Waktu terbaik untuk mengirim email adalah pada jam kerja, misalnya jam 9 pagi sampai jam 5 sore. M. sampai jam 5 sore. M.

Nah itulah 7 cara yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan lewat email. Sebagai? Apakah email yang Anda kirim etis? Jika belum mari kita cari tahu dari sekarang Bekerja pada umumnya adalah mencari penghasilan sendiri, baik paruh waktu maupun terus menerus, menjual keahlian kita baik dari segi pikiran maupun tenaga untuk bekerja. Namun pengalaman yang kami miliki tidak menawarkan lapangan kerja yang luas dan memadai karena tingginya angka pengangguran, pada dasarnya bekerja saja sudah melelahkan, apalagi mencari pekerjaan.

Cara Melamar Kerja Via Online

Banyak pencari kerja sering mondar-mandir ke Dinas Tenaga Kerja atau bursa kerja khusus (bkk) di sekolah, maupun ke yayasan pembagian kerja untuk mencari informasi lowongan kerja di perusahaan. Dengan berkembangnya teknologi yang canggih, cara ini mungkin sudah sedikit ditinggalkan karena memakan banyak tenaga untuk bolak-balik mencari pekerjaan, apalagi harus mengeluarkan biaya transportasi sementara tidak ada penghasilan karena masih menganggur.

Contoh Surat Lamaran Magang Yang Baik Dan Benar

Banyaknya perusahaan yang memposting lowongan melalui surat menjadi alternatif bagi pencari kerja, karena cara ini cukup efektif. Namun, lumayan juga harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa pengiriman surat lamaran lewat pos.

Kemajuan besar perusahaan untuk menjaring kandidat adalah dibukanya lowongan secara online atau kita bisa mendaftarkan lowongan tersebut melalui website perusahaan, hal ini cukup efektif karena mengurangi beban tenaga mental dan materil saat mencari kerja. Namun, tidak semua perusahaan memiliki website dan membuka lowongan kerja secara online.

Kembali ke cara manual yaitu pendaftaran pekerjaan melalui surat, dan kita harus mengirimkan surat atau CV untuk melamar pekerjaan, ada aplikasi surat online atau biasa disebut dengan email. Cara ini lebih efektif lagi karena gratis dan tidak ada biaya pengiriman, tinggal mengetik lamaran kerja secara elektronik atau mengetiknya.

Jika semua hal di atas sudah selesai, kini tinggal langkah dari cara submit hingga cara daftar kerja lewat email yang tersisa:

Cara Melihat Dan Mengajukan Lamaran Lowongan Kerja Indomaret Online

ยท Jika BCC bisa lebih dari satu alamat email maksimal 500 alamat email. Hal ini dilakukan agar HRD tidak melihat bahwa Anda telah mengirimkan email kepada siapapun. Agar lamaran kerja email Anda bisa diterima.

Demikian cara daftar kerja via email, jika mengikuti langkah-langkahnya dengan benar tentunya sangat mudah dan tidak ada error. Jika ada yang bingung, silahkan berkomentar atau bertanya langsung via kontak. Sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran kerja melalui email yang baik dan benar. Meskipun ada beberapa cara untuk mengirimkan lamaran kerja, seperti yang telah kita bahas dalam panduan pencarian kerja di atas, mengirimkan lamaran melalui email cukup umum; bahkan, banyak perusahaan telah meminta kami untuk mengirimkan aplikasi kami ke email Anda.

Mengirim email lamaran kerja jauh lebih cepat dan mengumpulkan file lamaran kerja lebih mudah dibandingkan dengan metode lain.

Cara Melamar Kerja Via Online

Namun yang perlu Anda ketahui, meski sama-sama melamar pekerjaan, ada beberapa perbedaan, terutama pada format dan jenis dokumen yang kami kirimkan. Gampangnya, kalau dengan cara biasa kita diminta mengirimkan dokumen fisik (cetak) ke alamat perusahaan, cara pengiriman request lewat email ini tidak seperti itu. Kami diharuskan mengirimkan dokumen lamaran kerja dalam bentuk soft file (file digital) karena tidak mungkin kami mengirimkan dokumen fisik melalui email.

Contoh Surat Pembuka Lamaran Kerja

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail bagaimana cara mengirim lamaran kerja melalui email, sehingga anda yang masih pemula atau yang baru lulus bisa melamar atau melamar pekerjaan melalui email yang baik dan benar. sedikit pun perlu khawatir.

Ada beberapa hal yang akan kami bahas di sini, mulai dari etika dan tips melamar lowongan kerja melalui email, melalui konversi dokumen fiktif menjadi soft file, hingga langkah-langkah pengiriman lamaran melalui email baik di komputer maupun di ponsel. telepon. telepon.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pengiriman lamaran kerja melalui email berbeda dengan pengiriman lamaran kerja dengan cara lain, walaupun sama-sama mengirimkan lamaran kerja. Berikut adalah etika dan tips melamar pekerjaan melalui email yang harus Anda ketahui.

Alamat email profesional di sini adalah alamat email yang Anda buat untuk mewakili diri Anda sendiri, jadi alamat email tersebut harus mendeskripsikan Anda dengan baik dan tidak menyebutkan alamat email Anda secara sembarangan.

Tips Menulis Dan Contoh Isi Body Email Lamaran Kerja

Dll. Harus ada nama Anda dan tidak ada unsur alay yang benar-benar membuat alamat email Anda terlihat tidak profesional.

Tentunya kita tidak bisa mengirimkan file atau dokumen fisik melalui email, sehingga kita harus mengkonversi dokumen lamaran kerja seperti resume, ijazah, KTP, SKCK, sertifikat dan persyaratan lainnya ke dalam format digital, biasanya PDF.

Bagi yang belum tahu cara mengubahnya, jangan khawatir, kami akan membahasnya di bawah ini juga. Maka bacalah artikel ini sampai akhir.

Cara Melamar Kerja Via Online

Masih mengenai file dan dokumen, penamaan file lamaran kerja memang terlihat sepele, namun ternyata berpengaruh terhadap penataan/pengarsipan dokumen lamaran kerja saat ingin melamar pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja 2023 Yang Menarik Perhatian Hrd

Jika Anda ceroboh dalam menamai file lamaran kerja Anda, Anda mungkin kesulitan menemukan file Anda.

Perusahaan biasanya meminta kami untuk mengirimkan lamaran kerja dalam format PDF, yang berisi semua file lamaran kerja, mulai dari resume lamaran kerja hingga sertifikat pendukung, sehingga kami tidak perlu mengunggah dokumen lamaran kerja satu per satu.

HINDARI menggunakan ZIP atau RAR, bahkan jika mereka dapat mengumpulkan semua dokumen dalam file zip/rar, itu akan mempersulit pekerjaan HRD, sehingga tidak disarankan. Kecuali jika perusahaan itu sendiri yang meminta kami.

Bagi mereka yang tidak dapat menggabungkan semua dokumen aplikasi Anda menjadi satu file PDF, berikut adalah cara untuk menggabungkannya. Jadi tidak perlu khawatir.

Tips Jitu Melamar Kerja Via Email

Tidak jarang sebuah perusahaan ingin kita mengirimkan file PDF dengan ukuran maksimal 1 MB. Bukan tanpa alasan, ukuran 2 MB cukup besar, misalkan email anda menggunakan gmail, di gmail ada aturan jika file yang dikirim lebih besar dari 2 MB, maka otomatis akan dialihkan ke Google Drive, dan ini juga yang menyulitkan. untuk HRD untuk Download dokumen lamaran kerja.

Di bawah ini, kami juga akan membahas cara mengompres file PDF agar lebih kecil sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan tersebut.

Setiap kali kita ingin mengirim email, ada 3 kolom yang harus kita isi, yaitu kolom To (alamat email tujuan), subjek, dan isi email. Gunakan Subjek / Subjek / Subjek / Subjek (tergantung bahasa yang digunakan) untuk mengisi posisi yang Anda lamar.

Cara Melamar Kerja Via Online

Selain contoh di atas, perusahaan biasanya memiliki format khusus (mengikuti contoh) untuk mengisi kolom subjek. Jadi kita ikuti saja formatnya.

Cara Melamar Kerja Di Alfamart Terbaru

Kolom yang seharusnya ada disini selain To dan Subject adalah Body Email. Isi email ini dapat kami lengkapi dengan ringkasan surat lamaran kerja atau cover letter yang isinya kurang lebih sama dengan surat lamaran kerja.

Setelah semuanya siap dikirim, periksa kembali dari alamat tujuan, subjek, isi email hingga file yang Anda unggah.

Apa salah satu poin penting saat mengirimkan aplikasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *